Genset merupakan suatu mesin yang bekerja untuk menghasilkan suatu aliran listrik dari berbagai komponen yang ada di dalamnya. Dengan begitu setiap mesin genset biasanya mempunyai berbagai macam suku cadang yang dapat membantunya untuk mengahsilkan suatu aliran listrik. mesin genset ini sangat banyak di gunakan oleh orang-orang seperti di gedung-gedung, rumah sakit, toko, produksi, kantor, dan masih banyak lagi. Salah satu mesin genset yang cukup banyak digunakan oleh orang-orang adalah genset Doosan. Genset ini merupakan mesin keluaran Korea Selatan. Untuk dapat memahami suatu mesin genset, akan lebih baik jika mengetahui berbagai komponen genset atau spare part genset Doosan ini.

Spare Part Genset Doosan: https://eragenset.com/produk-kami/genset-doosan/

Berikut merupakan beberapa komponen genset.

  1. Mesin

Mesin merupakan sumber energy mekanis untuk generator sehingga harus mengetahi beberapa factor yang bisa menilai mesin. Misalnya bahan bakar. Ada berbagai macam bahan bakar yang dapat digunakan untuk mesin generator seperti diesel, bensin, solar, propane, atau gas alam. Kemudian OHV atau overhead valve, mesin OHV ini mempunyai katup intake dan exhaust yang terletak pada kepala silinder mesin sebagai lawan yang dipasang pada blok mesin. Sehingga mesin dengan OHV ini mempunyai beberapa keuntungan daripada mesin yang tanpa OHV. Kemudian ada juga CIS atau Cast Iron Sleeve. CIS ini merupakan lapisan dalam silinder mesin, dimana CIS dapat digunakan untuk mengurangi keausan dan memastikan daya tahan mesin. Sama halnya seperti pada spare part generator Doosan. Cek juga artikel tentang genset Honda.

  1. Altenator

Altenator ini merupakan bagian dari generator yang dapat menghasilkan output listrik dari input mekanis dari mesin. Komponen yang ada akan bekerja sama untuk menyebabkan suatu gerakan relative antara medan magnet dan listrik sehingga pada gilirannya akan menghasilkan suatu aliran listrik.

  1. Sistem pelumas

Dikarenakan gen generator ini terdiri dari beberapa bagian yang bergereak dalam mesinnya sehingga membutuhkan suatu pelumasan untuk memastikan bahwa operasi daya tahan dan halus mesin untuk jangka waktu yang cukup panjang. Biasanya mesin generator akan dilumasi oleh minyak yang disimpan dalam pompa dan harus diperiksa tingkat minyak pelumas setiap 8 jam operasi generator.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui dari berbagai macam komponen mesin generator terlebih untuk spare part generator Doosan karena biasanya mesin generator satu dan yang lainnya tidak jauh berbeda. Perbedaan biasanya ada pada kinerja mesin tersendiri.

Kategori: Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *